Pages

Friday, July 31, 2015

Pilihan Pertama AL!

Kadang sebagai ibu kita gak sadar, memberi apa yang kita anggap baik, tapi ternyata si anak gak suka.

Dilema pertama adalah saat 2 bulan pertama menyusui. Beberapa ibu mungkin mengalami hal yang sama :

Luka pada puting!

dan itu rasanya : Mak deng!

Karena pengobatan ( saya lumayan parah saat itu ) Dokter menyarankan untuk menggunakan cup feeder sebagai wadah untuk memberikan ASI pada bayi. Jadi sebelum dioles salep dari dokter, kita perah dulu ASI, taruh di cup feeder kemudian baru diminumkan kepada bayi. Tapi ternyata yang terjadi ( berlangsung beberapa kali )


CUP FEEDERNYA TUMPAH *semakin meraung-raung*


Apalagi untuk yang ASI-nya kala itu masih pas2an dan memerah itu bisa berjam-jam, hasilnya tumpah dalam 3 detik itu sangat super sekali rasanya.

Cuma itu personal ya, karena beberapa menyarankan untuk menggunakan cup feeder. Hanya saja saya mencari jalan aman yaitu : Menggunakan botol.

Percobaan pertama tidak langsung berhasil pastinya. Karena botol susu tersebut ditolak mentah-mentah sama Baby AL. Jangankan disedot, baru kena ujung botolnya aja dia gak mau. Jadilah kita kembali lari-lari kekamar mandi dahulu, bersih-bersih salep, baru kembali menyusui ( karena dokter bilang salep harus bersih betul )

Menurut sepupu saya yang anaknya 3 :

"dia gak suka botolnya kali, coba diganti"

Hmmmm, mungkin aja saya pikir. Lagian botol pertama yang dicoba itu hasil dari hadiah teman. Gak ada salahnya coba membeli. Dengan cuma bermodal

"Ya ampun, lucu botolnya"

Akhirnya saya belilah satu merek yang berbeda dengan sebelumnya. Dan hasilnya, tetap sama. Baby AL tetap menolak dan bahkan menangis kalau ditempel dimulutnya

*lesu*

Akhirnya saya terus menyusui langsung sampai puting tak kunjung sembuh. Setiap baby mulai didekatkan ke dada, tiap saat itu pula saya menghitung mundur dalam hati :

3

2

1

AAAAAAAAAAKKK~~~

*walaupun itu berlangsung awalnya aja, belakangnya engga sakit lagi*

Akhirnya mama pulang dengan membawa 1 botol susu lagi dengan merek berbeda. Mama bilang setelah ngobrol dengan mbak-mbak ditokonya, dia bilang botol itu anti kolik.

Apa itu kolik?

Bisa dibaca disini -> http://bit.ly/1Kopwo1

Yang jelas, akibat dari kolik adalah bayi bisa menangis sepanjang hari. Hal ini selain bisa membuat bayi lelah, juga dapat membuat sang orangtua panik, apalagi kalau sang orangtua adalah pasangan orangtua baru *kaya saya misalnya*

Keajaiban datang setelah botol dari mama selesai di-steril dan dimasukan ASIP.

Kala itu langit seperti biru dihiasi awan-awan gembul merata, kemudian langit cantik itu terbelah, turunlah botol merek : AVENT dan baby AL menyambutnya, dan menghisapnya tanpa misuh misuh sedikitpun seperti biasa.


i was like : MAGIC 😱😱😱

Dan itulah awal persahabatan AL dan Avent. Setelah saya sembuh ( sekitar 3 hari ) saya kembali menyusui langsung dari sumbernya. Oia akhirnya sumber dari segala luka itu diketahui dan segera dilakukan tindakan. Al lahir dengan tounge tie.

Apa itu tounge tie : http://milissehat.web.id/?p=2020

Setelah dilakukan tindakan, perekat bawah lidahnya dipotong sedikit *saya sampe nangis nemeninnya, gak tega*

Jadi langsung selesai ditindak, baby langsung segera diserahkan pada ibu untuk disusui karena salah satu pemulihnya adalah ASI.

Setelah selesai semua, saya kembali menyusui langsung seperti biasa. Setelah menggunakan botol, beberapa teman bilang :

"Pake botol? awas kolik lho"

"ntar bingung puting lho"

"ntar diserang ibu-ibu menyusui langsung dari sumbernya garis keras lhoo"

Lha ya bebas. Setiap ibu punya cara dan kenyamanan yang berbeda untuk sang anak. Apalagi mengingat proses hamil, melahirkan dan menyusui, semua yang dilewati sang ibu untuk buah hati, pastilah hal terbaik yang dia punya. Dan sepertinya sangat tidak bijak dan prematur untuk memberi nilai kepada hubungan seorang ibu dan anak.

Despite itu semua, setelah Al 3 bulan dan mulai kadang menemani mommy ke mall

*Yihaa, i'm back*

Saya selalu bawa ASIP dan botol Avent kesayangan dia itu. Karena pengalaman mau menyusui pakai celemek penutup *nursery room ramai dan AL keburu meronta-ronta*
akhirnya penutup itu ditendang aja sama baby AL *pucet*

Selain ditendang, tentunya ditarik dengan tenaganya sehingga muka saya berubah merah kuning hijau dengan sekitar. Semacam

CILUUUK BAA~

Baby AL paling gak suka menyusu tanpa melihat wajah saya, mungkin dipikirannya

"Saya harus melihat wajah pemilik ASI yang saya teguk ini!"

Jadi, biasanya sudah saya hitung berapa lama kami pergi, bawa asip, kalo AL mau mimik tinggal panasin pake air hangat, terus masukkan dalam botol *Yihaa*

Oia, Alhamdulillah AL bebas kolik dari sejak pakai botol Avent, dan kalo baca2 soal kolik, kayanya kita sebagai ibu emang mesti jeli soal pemilihan botol untuk bayi ->http://philips.to/1xFI3pQ

Sekian blog hari ini, semoga berguna dan kiss-kiss dari Baby AL :*









1 comment:

  1. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Nama saya NADIRA MUHAMMAD dari [PERUSAHAAN PIHAK NADIRA MUHAMMAD]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    ReplyDelete